Cara Membuat Pupuk Kimia Cair

Cara Membuat Pupuk Kimia Cair

Cara Membuat Pupuk Kimia Cair

PETANI KARET - Cara Membuat Pupuk Kimia Cair. assalamualikum wr wb, selamat malam sedulur petani karet dimanapun berada, musim kemarau akan segera berakhir tentu kabar ini sangat menggembirakan bagi petani karet karena getah karet akan kembali normal tentunya. malam ini saya akan mengakat sebuah tutorial atau cara membuat pupuk kimia cair.




MANFAAT PUPUK KIMIA CAIR

Banyak yang belum mengetahui tetang pupuk kimia cair ini tentunya, para petani karet masih menggukan pupuk yang dari pemerintah atau pun pupuk alami. pupuk terbagi dua macam yaitu padat dan cair, ada kelebihan dan kekurangan masing-masing dari kedua macam pupuk tersebut untuk lebih jelasnya simak kelebihan dan kekurangan pupuk padat dan cair dibawah ini.

PUPUK CAIR

Kelebihan dari pupuk cair adalah pupuk ini lebih cepat diserap oleh pohon karet karena bentuk cair cepet meresap kedalam tanah tanpa harus menuggu bermingu-minggu lamanya. pupuk cair paling efektif digunakan pada saat musim kemarau ini sahabat tani, kenapa saya bilang begitu ? bisa dibilang musim kemarau asaupan nutrisi pohon karet berkurang dan asupan air juga berkurang, hal ini sangat memungkinkan bahwa melakukan pemupukan menggunakan pupuk cair adalah hal yang tepat tentunya. sedangkan untuk kelemahannya adalah pupuk cair tidak dapat bertahan lama paling lama adalah 2 bulan sudah terasa getah mulai berkurang kembali.

PUPUK PADAT

Kelebihan dari pupuk padat seperti kcl, phoska, tsp dan lain sebagainya adalah asupan nutrisi yang dibuthkan oleh pohon karet itu bisa bertahan lama hingga 4 bulan karena pupuk padat bertahap akan larut dan bercampur di tanah tentunya. sedangkan kelemahannya adalah harga pupuk yang mahal sehingga petani karet susah untuk membelinya.

CARA MEMBUAT PUPUK KIMIA CAIR

Tanpa berlama-lama, kali ini langsung saja saya akan membagikan cara membuat pupuk kimia cair,silahkan simak caranya dibawah ini

BAHAN-BAHAN

  1. Pupuk Urea.
  2. EM4 Pertanian ( warna kuning )
  3. AIR Bersih
  4. Drigen 35 liter.
  5. Mangkok getah karet jumbo.

CARA PEMBUATAN

  1. Langkah pertama isi drigen 35 liter dengan air seperempatnya, kemudian tuangkan Pupuk urea 14 takaran peres mangkok jumbo, lalu aduk sampai pupuk urea mencair dan bersatu dengan air.
  2. langkah kedua adalah setelah pupuk urea menjadi satu dengan air, tidak ada yang crystas silahkan tambahkan EM4.
  3. Untuk takaran EM4 untuk 35 liter adalah 35 tutup botol EM4 itu sendiri, setalah dimasukan EM4 silahkan aduk kembali sambil dikasih air sampai penuh, adukk-aduk hingga merata.
  4. Setalah air penuh dan sudah dirasa bercampur warnanya adalah hitam kecoklatan baunya agak tidak sedap. kemudian simpan di tempat yang gelap tanpa ada sinar matahari.
  5. Diamkan selama kurang lebih 3 hari 3 malam jangan dibuka, semakin lama semakin bagus ya sahabat tani.
Hanya itu saja yang bisa saya share kepada sahabat tani dimanaun berada semoga bermanfaat untuk petani karet dan membantu di tengah-tengah mahalnya pupuk karet tentunya perlu sekali di siasati.

Terima kasih sudah berkunjung di blog Petanikaret jangan bosan-bosan untuk selalu berkunjung ya sahabat tani, dan mohon dukungannya dengan cara share artikel ini guna bermanfaat untuk orang lain tentunya, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan dihati sedulur, saya akhiri wassalamualaikum wr wb.