Pendapatan Petani Karet Tahun 2023

Pendapatan Petani Karet Tahun 2023

Pendapatan Petani Karet Tahun 2023

Petani Karet - Pendapatan Petani Karet Tahun 2023. pada tahun ini petani karet cenderung mengalami krisis di antara petani lainnya. harga karet yang diam di tempat tanpa ada perubahan semenjak turun dari tahun 2000 an sampai sekarang masih saja tidak mengalami kenaikan yang sangat signifikan, banyak sekali petani karet yang mulai jenuh akan harga, imbasnya pohon karet banyak yang ditebang dan diganti ke komoditi yang lain seperti sawit dan lain sebagainya.
Pendapatan Petani Karet Tahun 2023 - petani karet


Tidak dipungkiri tahun 2023 adalah tahun terburuk bagi petani karet, kenapa demikian ? bisa anda bayangkan saja bahwa harga beras saja sudah mencapai 13 ribu rupiah perkilonya dan harga bahan bakar minyak naik menjadi 10 ribu perliter tidak sepadan dengan harga karet yang masih berkisar 7000 -8000 per kg nya.



Pendapatan Petani karet saat ini tidak sebaik dahulu pada jaman Bapak susilo bambang yudoyono, harga karet bisa mencapai 25 - 30 ribu per kg nya.  pada masa pemerintahan bapak SBY pendapatan petani karet untuk satu hektar bisa mencapai puluhan juta rupiah. apabila dibandingkan sekarang pasti sangat mengenaskan tidak sebanding, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari sangatlah pas-pasán.

Baiklah untuk pendapatan petani karet pada tahun 2023 untuk buruh per bulannya hanya mendapatkan 200-500 ribu itu di kisaran lahan satu hektar saja. bagi petani karet yang mengolah kebun karetnya sendiri pendapatannya berkisar antara 500- 1 juta dalam satu hektar tentunya. cukup miris bukan bagi petani karet saat ini. ditambah harga sembako naik, dan dibagi kebutuhan keluarga, anak dan lain sebagainya tidak tersisa sama sekali bahkan minus hasilnya.

Tahun 2023 petani karet banyak yang mengeluh disaat kondisi kemarau tidak ada hujan getah yang di dapat berkurang drastis hingga 50% sendiri dari pada musim penghujan. efek kemaru panjang ini memang sangatlah meresahkan.

Demikian adalah artikel tentang " Pendapatan Petani Karet Tahun 2023 ". jangan lupa untuk selalu share artikel ini ke media sosial supaya dapat bermanfaat bagi orang lain tentunya. tidak lupa untuk selalu dukung dan support website petanikaret.my.id dengan cara tinggalkan komentar sesuai dengan artikel yang di publish, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan, terima kasih